Oleh: akbarzainudin | Februari 10, 2010

Jemput Keberuntungan Anda

 

Tim Manchester United, Tidak Sekedar Beruntung. Sumber: Google

Tim Manchester United, Tidak Sekedar Beruntung. Sumber: Google

 

Ada catatan menarik dibalik perjalanan Klub Elit Inggris Manchester United (MU) di Liga Primer Inggris musim ini. Dari seluruh pertandingan di liga primer yang sudah digelar, Wayne Rooney menjadi pencetak gol terbanyak klub dengan 21 gol. Di bawahnya, menguntit Dimitar Barbatov dengan 8 gol. Menariknya, MU diuntungkan dengan kesalahan lawan-lawannya yang mencetak 9 gol ke gawang mereka sendiri. Terakhir, pekan kemarin, MU menggasak “The Pompey” Porstmouth dengan 5 gol, dan 3 gol di antaranya adalah hasil bunuh diri para pemain Pompey.

Apakah MU sekedar beruntung karena lawan-lawannya membuat banyak kesalahan sehingga mereka melakukan blunder dengan memasukkan gol ke gawang sendiri? Di sinilah kita perlu melihat persoalan “keberuntungan” ini secara lebih jernih.

Bahwa MU beruntung, itu mungkin, Ya. Tetapi yang perlu dicatat adalah keberuntungan itu tidak datang dengan sendirinya. Keberuntungan datang karena MU memang melancarkan serangan terus menerus yang mengakibatkan pertahanan lawan kacau balau. Coba kita lihat pertandingan Sabtu kemarin saat MU melawan Pompey.

Berawal dari pergerakan pemain MU, Nani dari sisi kiri, sesaat sepertinya ia akan melepaskan umpan tarik ke tengah. Celakanya, bola membentur pemain Pompey Vanden Borre yang akhirnya berbelok ke arah gawang sendiri. Selanjutnya, pada menit 59, pemain MU lainnya Michael Carrik melepaskan tendangan keras ke arah gawang. Lagi-lagi, tendangan itu membentur pemain belakang Pompey Hughes dan menaikkan arah bola yang tidak bisa diantisipasi kiper Pompey, James. Dan seperti halnya gol bunuh diri sebelumnya, pemain Pompey lainnya, Wilson salah mengantisipasi umpan silang Patrice Evra yang akhirnya malah tanpa sengaja memasukkannya ke dalam gawang sendiri.

Dari cerita di atas, bisa dilihat sepenuhnya bahwa keberuntungan itu tidak datang dengan sendirinya. Keberuntungan itu mesti terus menerus kita upayakan sendiri dengan berbagai usaha dan kerja keras sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Tidak ada keberuntungan yang datang tiba-tiba tanpa ada proses sebelumnya.

Karena itu, keberuntungan bukanlah sesuatu untuk ditunggu. Keberuntungan adalah sesuatu yang harus dijemput dengan menyiapkan diri sebaik-baiknya agar kita pantas menerima keberuntungan tersebut. Keberuntungan ada saat sebuah kesempatan datang, dan kita sendiri sudah siap menyambutnya. Sering terjadi, kesempatan datang tetapi karena berbagai hal kita tidak siap menerimanya. Di situlah sebenarnya yang dinamakan tidak beruntung, bukan karena orang lain atau kondisi di sekitar kita, tetapi karena memang kita tidak siap menerima dan memanfaatkan kesempatan yang datang.

So, bersiaplah mengambil kesempatan dan menjemput keberuntungan kita. Siapa yang bersungguh-sungguh, pasti akan sukses….

Bahan Bacaan

Buku MAN JADDA WAJADA, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, hal. 63-72


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: