Oleh: akbarzainudin | Februari 6, 2010

Doa Adalah Proposal Hidup

 

Doa Adalah Proposal Hidup

Doa Adalah Proposal Hidup

 

Saat saya sedang mengisi pelatihan motivasi MAN JADDA WAJADA di Cirebon, saya bertemu dengan salah seorang yang menurut saya sangat menarik. Kita berdiskusi banyak, dan salah satunya adalah tentang doa. Saat itu, di pelatihan saya memang juga membahas bahwa doa dan hubungan dengan Tuhan menjadi salah satu elemen sangat penting yang membantu kita menuju keberhasilan yang kita cita-citakan. 

Dia bilang, doa itu adalah PROPOSAL HIDUP. Doa itu bukan sekedar kita meminta sesuatu agar kita diberi. Doa bukan sekedar kita memanjatkan sesuatu kepada TUHAN, lalu dengan serta merta TUHAN memberikan apa yang kita minta. 

Doa, menurutnya adalah sebuah proposal di mana kita membeberkan di situ apa kebutuhan dan latar belakang kita mengajukan permohonan ini, tujuannya apa, sasaran yang diinginkan apa, kapan kita ingin mencapainya, dan metodologi atau proses apa yang akan kita lakukan dalam mencapai apa yang kita inginkan. 

Semuanya secara rinci kita tuliskan dalam proposal tersebut. Sehingga doa, tidak saja sekedar sebuah seremoni ritual, sekedar upacara, karena kebiasaan yang telah ditanamkan sejak kecil, tetapi doa merupakan bentuk kesadaran kita sebagai manusia, bahwa kita akan melakukan berbagai pekerjaan yang kita rencanakan dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ingin dicapai. 

Karena itu, berdoa bukanlah sebuah bentuk pekerjaan pasif di mana kita menunggu dari TUHAN apa yang kita mintakan. Tetapi berdoa adalah perbuatan aktif di mana kita melaporkan diri pada TUHAN, inilah yang akan saya lakukan untuk mencapai cita-cita saya. Karena itu, mudahkanlah jalan-jalan dan pintu-pintu yang akan kita lalui…..

Karena itulah, pemahaman tentang apa yang kita mohonkan dalam berdoa itu menjadi penting. Jangan sekedar asal berdoa dengan bahasa Arab kalau kita tidak memahaminya dengan baik. Berdoalah dengan berbagai bahasa yang kita pahami, bisa bahasa Jawa, Sunda, Batak, dan berbagai bahasa lain karena TUHAN mengerti apa yang kita bicarakan. Dengan demikian, doa-doa itu akan meresap, menjadi tekad kuat bagi kita untuk bekerja lebih keras dalam mencapai cita-cita dan impian kita. 

Selamat berdoa,
Man Jadda Wajada
https://manjaddawajada.wordpress.com/


Responses

  1. pencerahan pagi hari yang membawa manfaat.. thanks gan..😉

    *lanjut baca koran pagi hari…:mrgreen:

  2. tulisan ini sangat mempengaruhi saya. saya ingin memperbaiki doa-doa saya.
    doa-doa untuk mas saya

  3. sangat menginsppirasi saya. Syukran jiddan


Tinggalkan Balasan

Kategori

