Oleh: akbarzainudin | Januari 27, 2010

Boneka Rambut RUMPUT

Jika Anda melihat boneka di sebuah ruangan yang rambutnya dari rumput, jangan terkejut kalau diamati dari dekat, rambut itu memang RUMPUT BENERAN, dan bukan rumput imitasi. Mungkin juga Anda akan lebih terkejut, jika boneka tersebut adalah hasil karya dari perusahaan yang dipimpin oleh anak muda berusia 26 tahun, Gigin Mardiansyah.

Inilah Boneka Berambut Rumput karya Gigin

Inilah Boneka Berambut Rumput karya Gigin

 

Memulai bisnis tahun 2006, saat usianya 22 tahun, Gigin bukanlah pengusaha yang yang memulai dengan modal besar. Saat itu, modalnya adalah Rp 4.750.000,- yang didapat dari hasil tabungannya. Modal itu kemudian dibelikan berbagai peralatan sederhana untuk membuat boneka dari bahan-bahan serbuk gergaji.

Pada intinya adalah KREATIVITAS. Gigin menginginkan membuat boneka sederhana yang berbeda dengan kebanyakan boneka yang ada di pasaran selama ini. Di samping itu, boneka ini juga harus terlihat unik dan menarik, di samping mempunyai nilai tambah jika ditaruh di atas meja ataupun sebagai sebuah perhiasan.

Proses pencarian ide juga berlangsung lama. Hingga akhirnya, ia menemukan ide bagaimana membuat boneka yang sekaligus menjadi wahana bagi tumbuhnya rumput di dalam boneka tersebut. Karena berfungsi sebagai wahana tanam, dipilihlah serbuk gergaji sebagai bahan utama pembuat boneka. Ia belajar bagaimana membuat serbuk gergaji ini bisa dipress dan dibentuk agar saat dibawa-bawa ke mana-mana tidak hancur. Setelah melalui proses trial and error yang cukup panjang, teknologi itupun akhirnya ia dapatkan.

Permasalahan berikutnya adalah mencari jenis rumput dan juga bijinya yang bisa berkembang secara baik di dalam ruangan. Tanya sana sini, dan terus mencoba berbagai jenis, ketemulah ia dengan bibit rumput yang bisa berkembang dengan baik tanpa banyak sinar matahari. Klop sudah, bisnispun mulai jalan.

Gigin (Kanan), wirausaha muda penggagas boneka berambut rumput

Gigin (Kanan), wirausaha muda penggagas boneka berambut rumput

 

Dengan keunikan ide yang begitu jelas, produknyapun mulai digemari oleh masyarakat. Berawal dari pabrik sederhana di Bogor, tahun 2009 kemarin pabriknya bisa menghasilkan omzet Rp 1 Milyar. Sayang, saat ditanya berapa keuntungan bersihnya, Gigin enggan memberitahukan.

Dengan usaha yang terus berkembang, sekarang ini Gigin mempunyai 55 karyawan di berbagai unit. Dengan segala kreativitas yang dimiliki, produk boneka yang dimiliki Gigin sangat mungkin menembus pasar nasional dan internasional. Tinggal bagaimana terus mengelola kreativitas yang dimilikinya untuk tembus menuju pasar dunia. Go, Young Man!

MAN JADDA WAJADA

Siapa Bersungguh-sungguh, Ia akan Berhasil!


Responses

  1. kreatif puoool !


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: