Oleh: akbarzainudin | Januari 26, 2010

Yang Muda, Jelas Lebih “Fresh”

 

Teguh (Kanan), Berani melawan yang Mapan

Teguh (Kanan), Berani melawan yang Mapan

 

“Untuk urusan pengalaman, orang-orang tua dan senior memang lebih banyak. Tetapi urusan ide, anak muda pasti lebih segar”. Begitu yang dilontarkan Teguh B. Ariwibowo, mahasiswa semester VI di sebuah universitas di Surabaya, pendiri VOILA, perusahaan yang bergerak dalam bidang KONSULTAN MEREK DAN PEMASARAN.

Sebagaimana saat saya ngobrol dengan wirausaha muda mandiri yang lain, saya sungguh terkesan dengan keberanian yang dimilikinya. Betapa tidak, dunia konsultasi merek dan pemasaran biasanya diisi oleh orang-orang yang memang sudah berkecimpung lama dalam dunia pemasaran. Sebagai sebuah jasa, dunia membutuhkan kepercayaan dari klien melalui berbagai portofolio pekerjaan yang sudah diselesaikan. Tetapi Teguh tidak mundur. Baginya, itulah tantangan terbesar bagaimana meyakinkan klien bahwa perusahaan yang dimilikinya, walaupun diisi dengan tim yang masih muda, mampu bersaing dengan mereka-mereka yang lebih berpengalaman.

Bisa ditebak, tidak mudah meyakinkan klien bahwa Teguh dan kawan-kawan akan mampu menyelesaikan pekerjaan yang diberikan kepada mereka. Akhirnya, mulailah mereka membangun kepercayaan dengan mengerjakan berbagai pekerjaan dengan skala kecil mulai dari desain kartu nama, brosur, merchandise perusahaan, hingga desain booth untuk pameran.

Lambat laun, kepercayaan itu mulai tumbuh, Voila, perusahaan Teguh itupun mulai mendapatkan klien-klien yang lebih besar, terutama untuk pelaksanaan berbagai kegiatan (event). Dari perusahaan sepatu, tercatat Spec dan Piero menjadi kliennya. Di samping itu, juga ada ActionCoach, Sampoerna Foundation. Dan tentu saja, yang paling membanggakan Teguh dan kawan-kawan, adalah dipercaya perusahaan sebesar Ceria dan Indosat.

Bagi saya, keberanian Teguh untuk tidak takut melawan para raksasa di bidang ini patut diacungi jempol. Toh kita masing-masing punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Dalam kasus Teguh, kelebihan itu bisa pada “ide-ide yang lebih segar dan asli”, ataupun biaya yang lebih murah. Saat perusahaan-perusahaan besar tidak bisa menjadi lincah karena “terlalu besar”, sebagai perusahaan kecil yang dinamis, kita bisa menunjukkan kelincahan dan dinamika yang kita miliki, yang tidak dipunyai oleh orang lain.

Jadi, saatnya kita menghilangkan ketakutan-ketakutan itu, karena masing-masing kita punya kelebihan yang mungkin saja, tidak dimiliki oleh orang lain. Sukses buat Anda semua!

MAN JADDA WAJADA

Siapa Bersungguh-Sungguh, ia akan berhasil.


Responses

  1. juz segar.. utk kembali menyegarkan semangatku hari ini..
    makasih bung!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: