Oleh: akbarzainudin | Januari 5, 2010

Jangan Biarkan Layu Sebelum Berkembang

Kawan saya mempunyai ide yang sangat hebat. Ia mempunyai ide untuk memulai bisnis menjual makanan khas berbagai daerah di Indonesia di Jakarta. Idenya sederhana, jika orang-orang kangen dengan makanan khas daerah masing-masing, mereka tidak perlu jauh-jauh pergi ke daerahnya untuk membeli makanan tersebut. Cukup membeli di Jakarta.

Ide itu sudah membara dan semakin panas berada dalam pikirannya. Ia dengan penuh semangat bercerita bagaimana akan melaksanakan ide-ide tersebut dan mengembangkannya menjadi bisnis besar yang akan mencakup banyak daerah di seluruh Indonesia.

Dan waktupun terus berjalan, saat masih pertama-tama, intensitas dan keseriusan teman saya masih sangat terasa. Lambat laun, seiring berjalannya waktu, intensitas itu semakin berkurang dan semakin berkurang. Dan saat ini, ia tidak lagi bergairah membicarakan hal itu. Ide besarnya layu sebelum berkembang.

Cerita tentang kawan saya di atas adalah cerita tentang ide yang keburu layu sebelum berkembang. Ide yang sebenarnya bagus, karena kurang dukungan motivasi dan tekad yang kuat, akhirnya menjadikannya hilang di tengah tantangan dan rintangan yang menghadang.

Ya, setiap ide dan rencana pasti mempunyai rintangan dan halangan yang akan menghadang, apapun ide dan rencana tersebut. Di situlah menjadi ujian sesungguhnya bagi kita, apakah kita serius dalam melaksanakan satu ide tertentu atau tidak.

Keseriusan kita akan terlihat pada saat kita menghadapi satu rintangan demi rintangan yang menghadang. Bahkan terkadang, rintangan itu begitu berat sehingga terasa bahwa kita seakan sendiri berada dalam pusaran rintangan. Di sinilah kekuatan motivasi diri kita perlu dibangkitkan. Tekad kita mesti bulat, bahwa apapun yang akan terjadi di depan tidak boleh menghalangi cita-cita dan impian kita.

Saatnya memperjuangkan ide yang kita bangun, karena ide dan kreativitas itu mahal harganya. Karena jika kita tidak pernah berusaha keras memperjuangkan ide-ide kita, kita akan selamanya takut menghadapi kehidupan. Jangan takut hidup, kawan. Hidup memang perlu diperjuangkan.

Siapa Serius, Ia akan Berhasil. Man Jadda Wajada


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: