Oleh: akbarzainudin | Desember 31, 2009

Merenung Sejenak Tuk Melesat Lebih Tinggi

Melesat Lebih Tinggi

Melesat Lebih Tinggi

Saat pergantian tahun, saatnya untuk melakukan perenungan sejenak terhadap apa yang sudah kita lakukan satu tahun kemarin. Evaluasi diri mutlak diperlukan agar kita bisa bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan yang kita lakukan di masa lalu, mencari penyebab kegagalan dari apa yang sudah kita rencanakan, dan merencakanakan berbagai strategi baru yang diperlukan untuk setidaknya satu tahun ke depan.

Saya yakin bahwa masing-masing kita sudah mempunyai rencana-rencana matang selama tahun 2009. Di akhir tahun inilah waktu yang terbaik untuk membuka kembali catatan-catatan atas rencana tersebut. Kalau semua hal sudah kita dapatkan , maka itu pertanda bagus yang harus disyukuri.  Jika ada hal-hal yang masih belum berhasil, itu juga perlu kita syukuri karena hal itu berarti kita masih diberi kesempatan untuk memperbaiki kesalahan di masa lalu.

Nah, paling penting adalah sebagai manusia yang mampu berpikir, jangan sampai kita tidak belajar dari berbagai kesalahan dan mungkin, kebodohan yang kita lakukan. Renungkan berbagai kesalahan dan kebodohan yang telah terjadi, pikirkanlah mengapa hal itu terjadi, dan mengapa hal itu kita lakukan. Kalau hal itu disengaja, saatnya melakukan intropeksi dan bertekad agar hal itu tidak terulang lagi. Jika itu terjadi dengan tidak sengaja, saatnya untuk melakukan berbagai antisipasi agar di masa depan tidak terjadi lagi. Intinya, kegagalan-kegagalan itu jangan membuat kita berkecil hati. Berbagai kegagalan itu mestinya membuat kita belajar sehingga mampu melesat lebih tinggi di masa mendatang.

Setelah merenung selesai, dan kita melakukan “taubat” dan pembersihan diri dari berbagai kesalahan yang telah kita lakukan, langkah selanjutnya adalah membangun berbagai rencana, setidaknya untuk satu tahun ke depan. Orang, biasa menyebutnya RESOLUSI. Ya, kita harus punya RESOLUSI 2010.

Yang paling mudah, mulailah dari rencana FINANSIAL. Apa saja target-target financial yang harus dicapai setahun ke depan. Setelah itu, KARYA apa yang akan kita buat, tentu saja sesuai dengan keahlian kita masing-masing. Jika kehidupan sosial menjadi perhatian kita, maka hal itu juga menjadi target yang harus kita tetapkan. Jangan lupakan dari sisi KEAGAMAAN, tentu saja hidup kita untuk menghamba, bukan?

Jadi, dalam gemerlap tahun baru, sisihkan waktu untuk merenung, agar kita bisa MELESAT lebih tinggi di tahun depan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: