Oleh: akbarzainudin | Desember 18, 2009

Tahun Baru: Renungan dan Harapan

Hari ini menginjak awal tahun baru Hijriah 1431. Tidak terasa, setahun sudah kita melewati hari-hari dalam tahun baru ini. Banyak sudah hal-hal yang kita lakukan dan jalankan. Ada yang berjalan dengan baik, ada juga yang tidak berjalan dengan baik, atau bahkan terkatung-katung di tengah jalan. Saatnya kita melakukan intropeksi agar kita bisa menjadikan esok membuahkan harapan yang lebih baik.

Pertama, melakukan review terhadap rencana-rencana yang sudah kita bikin. Seyogyanya setiap awal tahun kita membuat rencana-rencana yang matang tentang apa yang akan kita lakukan selama setahun ke depan. Rencana-rencana yang sudah kita bikin secara detail kita review terus menerus secara berkala, misalnya sebulan sekali sehingga kita bisa melihat apa yang belum kita lakukan dan apa yang sudah kita lakukan.

Dengan rencana yang detail tersebut kita juga bisa melakukan evaluasi mengapa sebuah rencana bisa berjalan dengan baik dan mengapa rencana lain tidak berjalan. Apa yang terjadi dengan hal tersebut, apa yang perlu dikurangi dan apa yang perlu ditambah. Dengan adanya review, semakin bisa menambah kualitas rencana kita untuk bisa mencapai apa yang sudah kita targetkan. 

Cobalah kita lihat satu persatu, mengapa rencana-rencana tersebut gagal. Banyak faktor yang mungkin bisa kita list dan jadikan pelajaran agar faktor-faktor tersebut bisa kita prediksi dan awasi di tahun-tahun mendatang sehingga tidak terjadi lagi. Tidak perlu menyesal berkepanjangan, tugas kita adalah bertekad agar kita tidak mengulangi lagi kesalahan-kesalahan yang kita lakukan. 

Hal kedua, adalah harapan dan rencana satu tahun ke depan. Kita mesti punya cita-cita, harapan, dan target satu tahun ke depan seperti apa. Mungkin masing-masing kita sudah punya rencana ke depan dan keinginan kita masing-masing. Yang sering terlupa, kita tidak memikirkan bagaimana kita akan mencapai target-target tersebut, dan bagaimana menuliskannya secara detail. 

Dengan menuliskan secara detail apa saja yang perlu dilakukan, kita akan lebih mudah mengontrol apa yang akan kita kerjakan. Dengan demikian, hidup kita akan jauh lebih mudah untuk dikelola, berapapun pekerjaan yang kita miliki. Kita tidak lagi disibukkan oleh berbagai persoalan karena tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Karena itu, jika hal itu belum dilakukan, mulailah merenung, ambil kertas, detailkan rencana tahunan kita. 

Jangan sampai hidup kita terbuang sia-sia, bukan karena kita tidak bekerja keras, tetapi karena kita tidak bisa mengatur waktu….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: