Oleh: akbarzainudin | Desember 10, 2009

Inovasi dan Kreativitas

Agresivitas Restoraran Waralaba Kentucky Fried Chicken, biasa disebut KFC tahun ini sungguh menarik untuk disimak. Setelah bertahun-tahun bersaing melawan McDonald, California Fried Chicken (CFC), Texas Fried Chicken, dan berbagai restoran lain yang mengusung tema Ayam Goreng, rasanya tahun ini KFC membuat gebrakan dan strategi baru untuk memperkuat posisi pasarnya. 

Konon, Restaurant McDonald, atau sering disebut McD, di negeri asalnya lebih terkenal dengan Burgernya. Tetapi ketika diusung ke Indonesia, McD mengadopsi budaya lokal dengan menyediakan nasi, dan menciptakan berbagai menu khas Indonesia seperti McSate, McBuryam (Bubur Ayam), dan berbagai menu lain. Strategi yang digunakanpun tidak mengedepankan Burger, tetapi lebih mengedepankan sebagai “restaurant keluarga”. Strategi ini cukup berhasil dengan berbagai diversifikasi program seperti McKids untuk anak-anak dan juga MCDelivery. 

Sementara itu, KFC dari dulu mengedepankan sebagai “Jagonya Ayam”, dengan memberikan potongan ayam yang lebih besar, dan juga variasi rasa ayam yang berbeda-beda. Bertahun-tahun KFC bertahan dengan jargon tersebut, dan dalam beberapa tahun terakhir, KFC ingin memperluas pasar bukan hanya sebagai restaurant yang jago di ayam, tetapi sebagai restaurant ayam untuk keluarga. 

Karena itu, KFC pada gerai-gerai yang baru, menyediakan Playland, tempat bermain untuk anak-anak, sehingga orang tua yang makan di situ bisa sekalian mengajak anaknya bermain secara gratis. Tidak hanya itu, selain menantang McD untuk juga buka 24 jam di beberapa gerai strategis, KFC memposisikan diri tidak hanya sebagai restaurant, tetapi juga tempat kongkow dan hangout, baik untuk kawula muda maupun untuk profesional. Dari layout meja kursi yang disediakan, hingga layanan internet gratis, merupakan salah satu strategi untuk mengubah sudut-sudut KFC dari restaurant menjadi Café yang enak untuk tempat ngobrol. Dari sisi menupun ditawarkan berbeda, selain menu-menu “makan besar” berupa nasi dan ayam, disediakan pula menu-menu bagi orang-orang yang sekedar pengin ngopi. 

Persaingan itu akan terus berjalan, berbagai inovasi dan kreativitas baru akan terus dikembangkan, karena memang itulah satu-satunya cara untuk bisa bertahan di tengah-tengah persaingan yang semakin ketat. Menengok ke dalam diri kita, jangan-jangan kita tidak pernah berpikir untuk mengembangkan diri secara kreatif, padahal di luar sana persaingan tidak berhenti berjalan, bahkan akan semakin ketat. 

Tidak perlu meradang saat orang-orang lain yang lebih kreatif lebih maju dari kita. Saatnya untuk merenung, mengoreksi diri, dan memikirkan berbagai langkah yang harus dijalankan sekarang ini di masa depan. Boleh juga mikirinnya sambil ngupi dan ngenet di KFC, hehehe….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: