Oleh: akbarzainudin | Januari 8, 2010

Berikan Makanan yang Baik buat Otak Kita

 

Berilah Otak Kita Makanan Yang Baik

Berilah Otak Kita Makanan Yang Baik

 

Kalau kita sakit perut, satu hal yang langsung terpikir oleh kita adalah: “Habis makan apa, ya yang membuat perut ini tidak cocok sehingga sakit?” Tetapi pernahkah kita berpikir bahwa apa yang kita lakukan sekarang ini adalah akibat dari apa yang kita tonton atau kita baca sebelumnya. Kalau pikiran kita jadi jorok atau kotor adalah karena apa yang kita baca atau kita tonton yang sebelumnya. Sebaliknya juga, kalau pikiran kita menjadi jernih dan bersih adalah juga karena asupan yang kita berikan kepada otak kita.

Cerita tentang anak-anak yang mengikuti gerakan “smack down” yang disiarkan Televisi memberi kita gambaran bahwa apa yang kita masukkan ke dalam alam pikiran kita akan mempunyai dampak yang besar bagi perkembangan perilaku kita. Bukankah pula orang yang terjun dari Mall terinspirasi dengan berita-berita bunuh diri model baru tersebut. Mungkin mereka ingin cara baru dalam bunuh diri, bosen dengan cara-cara lama.

Pernahkah kita berpikir saat melihat berita-berita infotainment di televisi yang memberitakan tentang artis yang kawin-cerai, yang diulang-ulang pada setiap jamnya, membuat alam bawah sadar kita lama-kelamaan dicekoki pikiran bahwa kawin cerai bukan lagi hal yang sakral, sehingga dengan mudahnya orang bisa melakukan hal tersebut. Atau kita yang setiap hari disuguhi berbagai sinetron yang menggambarkan kehidupan glamour, kehidupan yang dicapai dengan cara-cara instan, dengan cerita-cerita yang betapa entah diambilkan dari sudut dunia yang mana. Sadarkah kita bahwa itu semua mempengaruhi alam pikiran kita, sehingga terkadang kita juga maunya ingin cepat-cepat kaya seperti apa yang ada dalam sinetron.

Seperti perut kita yang sakit jika memakan makanan yang tidak biasa atau tidak sesuai, begitu juga pikiran kita. Jika setiap hari dijejalli dengan pikiran-pikiran kotor, maka yang akan terjadi otak kita juga semakin hari akan semakin kotor. Sebaliknya, jika kita selalu memasukkan hal-hal baik dalam otak kita, maka akan memberikan kedamaian dan ketenangan serta kejernihan pikiran.

Kegelisahan yang biasanya terjadi dalam pikiran kita, ngga bisa tidur, dan banyak hal lain salah satunya mungkin karena otak kita sudah dipenuhi dengan asupan-asupan yang tidak bergizi. Sehingga yang terjadi, pikiran tersebut membentuk emosi yang tidak bisa dikendalikan. Karena itulah, menurut saya sangat penting untuk memilah mana yang harus kita baca, mana yang perlu kita tonton, mana yang perlu kita dengar, dan mana yang perlu kita rasakan. Karena semuanya akan membentuk pikiran kita sesuai dengan apa yang kita masukkan.

Dengan memberikan asupan hal-hal yang positif, otak dan pikiran kita akan juga semakin positif, semakin bisa jernih melihat dan menghadapi berbagai persoalan, Dan di situlah sungguh-sungguh sebuah kebahagiaan, ketika pikiran kita menjadi jernih, bersih, dan tulus…… So, Saatnya mengalihkan Channel TV. No More Cinta Fitri, CDA, Safa Marwah, BCL, dan berbagai sinetron serta acara-acara gosip infotainment lain. Saatnya memberi otak kita makanan yang lebih bergizi!


Responses

  1. saya setuju dengan tulisan berilah otak kita makanan yang baik.
    channel tv kita belum bisa memberikan acara-acara yang mendidik untuk rakyat indonesia, melainkan hanya money oriented semata.
    atau masyarakat Indonesia yang belum siap untuk disuguhi acara-acara yang bisa mencerdaskan otak ????
    mana yang betul?hanya survey yang bisa membuktikan!


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: